Ditjen Pajak Kaji Daftar 40 Orang Terkaya RI-inilah.com

Headline

Dirjen Pajak Mochamad Tjiptarjo – Foto Istimewa

Oleh: Mosi Retnani Fajarwati
Ekonomi – Minggu, 5 Desember 2010 | 12:59 WIB

INILAH.COM, Bogor – Daftar 40 orang terkaya Indonesia versi sebuah majalah akhir pekan lalu perlu dilakukan kajian dari sisi kewajiban pajaknya.

Dirjen Pajak Mochammad Tjiptardjo menilai, daftar 40 orang terkaya Indonesia yang diluncurkan majalah Forbes hanya merupakan data mentah bagi Ditjen Pajak karena tidak memaparkan secara detil kekayaan orang-orang tersebut, sehingga belum bisa dijadikan acuan untuk ditarik pajaknya.

“Pengisian SPT kita itu kan self assesment, kalau gak dapat pembanding ya gak bisa apalagi baru data jumlah kekayaannya saja seperti itu (dalam berita di Forbes). Tidak disebutkan apa saja kekayaannya, jumlah rekeningnya,” ujar Tjiptardjo dalam acara Sosialisasi Perpajakan di Bogor, Sabtu (4/12).

Kendati demikian, Ditjen Pajak akan menjadikan berita tersebut sebagai acuan untuk mulai mendalami data pajak ke-40 orang kaya tersebut. “Semua informasi itu akan kita dalami. Data Forbes itu data yang akan kita dalami, kritisi ke sana. Kita ngelirik orang-orang ini. Kalau sudah masuk HWI (Kantor Pajak Orang Kaya) tandanya sudah benar, nanti kita lihat SPT-nya,” ungkapnya.

Terkait adanya beberapa orang kaya dalam daftar tersebut yang terkena kasus pajak, Tjiptardjo menyatakan, kasus tersebut lebih berkaitan pada perusahaan-perusahaan yang dimiliki mereka bukan personal. “Yang bermasalah itu perusahaannya bukan orangnya. Jadi di mata hukum kita hormati,” pungkasnya. [hid]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s