Banyak Negara Tolak Kunjungan Anggota DPR (Inilah.com)

Headline

Sebastian Salang – ist

Oleh: Siti Rahayu
Nasional – Senin, 9 Mei 2011 | 17:42 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Banyak negara menolak dikunjungi anggota DPR dalam rangka studi banding. Negara asing tersebut enggan melayani anggota DPR yang menjadikan negaranya sebagai tujuan pelesiran DPR.

“Berkali-kali Sekjen DPR menyampaikan permohonan negara tujuan. Tapi banyak sekali yang menolaknya,” ujar pengamat parlemen Sebastian Salang kepada wartawan dalam diskusi ‘Bila DPR Kami Gagap Politik’ di Perdatam Jakarta, Senin (9/5).

Menurutnya, Sekjen DPR hanya mencari negara yang mau menerima saja. Tapi belum tentu sesuai dengan pokok studi banding yang dilakukannya.”Studi banding dibuat bukan dilihat dari perlu atau tidaknya, dan untuk kepentingan apa.”

Karena itu, pengamat kebijakan publik Andrinof Chaniago menolak menyebut kunjungan mereka ke luar negeri sebagai studi banding. Sebab, banyak kunjungan yang dimanfaatkan untuk wisata. Indikasinya, banyak anggota yang membawa serta keluarga mereka, seperti anak dan istri.

Selain itu, indikasi bahwa kepergian itu hanya untuk wisata juga terlihat dari minimnya hasil dari studi banding itu. “Contohnya, pergi ke Yunani katanya untuk belajar etika. Tapi kok mereka tidak beretika,” tegas Andrinof.

Menurutnya, studi banding dalam khasanah keilmuan adalah dengan tidak membandingkan hanya negara yang satu dengan yang lain. Tapi harusnya studi diawali dengan data yang sekunder, dan literatur. “Itu baru, persepsi yang benar. Tapi mereka selalu saja memulainya dengan motif yang lain, yakni jalan-jalan,” kata Andrinof. [tjs]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s