Batas Waktu Penerbitan Kartu AKSES Juni 2011-Inilah.com

Headline

Oleh: Agustina Melani

Pasar Modal – Rabu, 11 Mei 2011 | 10:50 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mengharapkan perusahaan efek dapat mensosialisasikan single investor Id dan kartu Acuan Kepemilikan Sekuritas (AKSES) kepada nasabah.

KSEI dan Bapepam memberikan batas waktu kepada perusahaan efek hingga Juni 2011 untuk penerbitan kartu AKSES dan single Id itu. “Kita negoisasi dengan Bapepam-LK untuk memberikan batas waktu hingga Juni 2011 agar perusahaan efek mendorong nasabahnya memiliki kartu AKSES dan single id. Apabila penerbitan kartu AKSES dan single id itu tidak terpenuhi maka perusahaan efek akan mendapatkan sanksi Bapepam-LK,” tutur Direktur Utama KSEI Ananta W., Rabu (11/5), di sela acara Peluang dan Tantangan Menuju Green Economy dengan Sri Kehati Indeks.

Penerbitan single id dan kartu AKSES ini berkaitan dengan peraturan Bapepam-LK No.V.D.10. “Kewajiban perusahaan efek harus mengetahui nasabahnya, know your customer, perusahaan efek wajib mencari nasabahnya untuk memenuhi kartu AKSES agar memenuhi kelengkapan data nasabah,” tambah Ananta.

Saat ini, kepemilikan kartu AKSES mencapai 75 ribu per 9 Mei 2011 dari 330 ribu sub account yang tercatat di KSEI. Ananta menuturkan, investor pun dapat mengakses kepemilikan kartu AKSES dengan mobile seperti lewat BB dan handphone. Dengan akses lebih mudah ini diharapkan dapat meningkatkan keyakinan investor sehingga menambah kepemilikan kartu AKSES. “Kita akan luncurkan kartu AKSES lewat mobile ini pada Juli,” tutur Ananta.

Untuk single investor id, saat ini sekitar 250 ribu sub account siap untuk single investor id. Kepemilikan kartu AKSES baru sekitar 75 ribu dari 250 ribu sub account yang siap single investor id. [cms]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s