KSEI: Kepemilikan Kartu AKSes Capai 62 Ribu-Inilah.com

Headline

foto: ilustrasi

Oleh: Agustina Melani
Pasar Modal – Selasa, 22 Maret 2011 | 17:54 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Kepemilikan kartu Acuan Kepemilikan Sekuritas (AKSes) mencapai 62 ribu hingga Maret 2011.

Hal itu disampaikan Direktur Utama KSEI Ananta Wiyogo, Selasa (22/3). Ananta menuturkan, baru sekitar 62 ribu kepemilikan kartu AKSes untuk data siap single investor id (SID) sebesar 240 ribu. Ananta mengharapkan, investor telah memiliki kartu AKSes dan single investor id agar bisa melakukan transaksi perdagangan saham. Investor diwajibkan memiliki single investor id pada April 2011 agar bisa trading. “Sementara masa transisi hingga akhir tahun. Kalau tidak memiliki single id dan kartu AKSes maka tidak bisa trading,” ujar Ananta.

Seperti diketahui, Bursa Efek Indonesia (BEI) merevisi peraturan Nomor II-A tentang perdagangan efek bersifat ekuitas. Pada salah satu pasal II.4 mengenai ketentuan pesanan nasabah memuat penawaran jual atau permintaan beli yang dimasukkan ke JATS wajib dilengkapi dengan data identitas tunggal nasabah/Single Investor Identity (SID). Per 1 Februari 2011, trading id yang dimasukkan ke JATS adalah trading ID yang terdaftar pada database di KSEI. Masa transisi hingga akhir Maret 2011.

Single investor id merupakan nomor tunggal yang harus dimiliki oleh setiap investor atau sekuritas yang akan melakukan transaksi di bursa. Untuk mendapatkan nomor ini, investor tinggal mengajukan permintaan kepada KSEI.

Nomor ini sudah tercantum dalam kartu Acuan Kepemilikan Sekuritas (AKSes) terbitan KSEI. Nomor tersebut terdiri dari enam digit dan berada pada urutan paling belakang nomor kartu AKSes yang kini berjumlah 10 digit. [cms]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s