Investor Mulai Bisa Investasi di Saham Syariah R – Ghita Intan Permatasari – Okezone

Kamis, 12 Mei 2011 10:52 wib
     Email

Ilustrasi. Foto: Corbis

Ilustrasi. Foto: Corbis

JAKARTA – Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) atau Indonesia Sharia Stock Index (ISSI) yang bertujuan menjadi acuan bagi investor untuk berinvestasi di saham, khususnya saham syariah.

Dengan diluncurkannya indeks ini diharapkan dapat menjadi indikator utama yang dapat menggambarkan kinerja seluruh saham syariah yang tercatat di BEI. Serta membantu menghilangkan kesalahpahaman masyarakat yang menganggap bahwa saham syariah hanya terdiri dari 30 saham yang masuk dalam Jakarta Islamic Index (JII).

Hal ini diungkapkan Ketua Badan Pelaksana Harian (BPH) Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI), Kyai H Ma’Aruf Amin, saat Peluncuran Fatwa Mekanisme Syariah Perdagangan Saham (Fatwa DSN-MUI Nomor 80 dan Indeks Saham Syariah Indonesia, di JW Mariot, Kuningan, Jakarta, Kamis (12/5/2011).

“Sistem syariah diminati bukan saja oleh kalangan pengusaha muslim dan nonmuslim karena sistem syariah itu aman. Islam memberikan rambu-rambu dalam usaha supaya pengusaha tidak ada saling penipuan dan lainnya,” jelasnya.

Dia menambahkan, dengan lahirnya fatwa ini, memberikan jawaban boleh tidaknya untuk bertransaksi di pasar modal. Seperti diketahui, selama ini transaksi di bursa saham menurut sebagian masyarakat adalah judi. Dalam fatwa ini lebih ditegaskan lagi perbuatan yang mengandung riba, manipulasi, maksiat, kezhaliman, dan sebagainya.

“Dengan adanya fatwa ini diharapkan dapat memberikan ketenangan untuk bertransaksi di pasar modal karena sudah ada rambu-rambu dalam fatwa tersebut,” ungkapnya.

Metode penghitungan ISSI sama dengan metode penghitungan indeks lainnya yang ada di BEI yaitu menggunakan market capitalization weight average. Komponen penghitungannya adalah semua saham yang masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES) yang dikeluarkan oleh Bapepam-LK setiap enam bulan.

Hari Dasar Penghitungan ISSI adalah Desember 2007 dengan nilai indeks 100. Saat ini terdapat 214 saham syariah yang kapitalisasi pasarnya 43,6 persen dari total nilai kapitalisasi pasar BEI.
(ade)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s