roi3

Korelasi Antara Harga Saham, Karakteristik Investor Dan Tingkat Return

Korelasi Antara Harga Saham, Karakteristik Investor Dan Tingkat Return

Fluktuasi harga saham di pasar modal, sepintas lalu sepertinya hanyalah merupakan perubahan angka-angka yang terjadi secara otomatis oleh sistem komputer bursa. Padahal, jika dicermati faktor dan motif apa yang ada di balik perubahan angka-angka tersebut sangatlah kompleks, jika dirinci satu persatu. Namun, kita bisa membuat pengkategorian faktor-faktor dan motif-motif tersebut dalam kelompok besar. Pada hakekatnya Kinerja pasar saham sering bergantung pada 3 faktor, yaitu :

  1. Pertumbuhan riil (kenaikan laba dan dividen perusahaan
  2. Pertumbuhan inflasioner (kenaikan umum harga-harga dalam keseluruhan perekonomian akibat inflasi)
  3. Pertumbuhan atau penurunan spekulatif (Peningkatan/penurunan yang diakibatkan oleh perubahan selera    pelaku pasar)

Fluktuasi harga ini erat kaitannya dengan karakteristik investor dan tingkat return/perolehan/pengembalian yang akan diperoleh investor di kemudian hari. Target return seharusnya bergantung pada tingkat kecerdasan dan kecakapan yang sanggup dihimpun oleh investor  dalam melakukan tindakan atau pekerjaan investasi. Secara garis besar ada 2 karakteristik investor, yaitu investor aktif/agresif dan pasif/defensif. Lantas, Karakteristik manakah yang cocok untuk diri kita ?

Seorang pemikir investasi Charles Ellis, menjelaskan bahwa pendekatan aktif/agresif adalah pendekatan aktif dan berani yang melelahkan secara fisik dan intelektual, serta memerlukan banyak waktu dan energi. Sedangkan pendekatan pasif/defensif tidak menghabiskan banyak waktu dan usaha, namun sangat membutuhkan pengendalian emosi, kesederhanaan total dan kerendahan hati untuk tidak tergoda oleh hiruk pikuk gemerlapnya pasar.

Jika kita memiliki banyak waktu, berkarakter kompetitif dan menikmati tantangan intelektual yang rumit, maka pendekatan aktif akan cocok untuk kita. Jika kita selalu merasa diburu waktu, menginginkan kemudahan dan tidak terlalu memikirkan soal uang, maka pendekatan pasif-lah yangcocok untuk kita. Ada juga sebagian orang yang merasa nyaman dengan menggabungkan kedua metode aktif dan pasif tersebut.

Kedua pendekatan tersebut sama bagusnya dan kita bisa sukses dengan pilihan manapun, tergantung seberapa baik kita mengenali diri sendiri, sehingga bisa tahu karakteristik mana yang harus dipilih. Pemahaman terhadap perbedaaan dua karakteristik ini, yaitu antara investor aktif dan pasif menjadi satu alat peringatan, bahwa risiko finansial tidak hanya ada di tempat kita mencarinya tapi juga ada di dalam diri kita sendiri.

Kalau begitu, apa korelasi antara harga saham, karakter investor dan tingkat return tersebut ? Hubungannya persis seperti siklus rantai makanan yang pernah kita pelajari dalam ilmu biologi waktu sekolah dulu. Ketiganya membentuk sebuah lingkaran alur investasi yang saling berkaitan. Pergerakan Harga saham disebabkan oleh perubahan pelbagai motif dari karakter investor, baik motif ekonomi maupun motif psikologis dsb, dan akibat dari pergerakan harga itu menentukan tingkat return investor. Sangat sulit untuk menjawab yang mana yang menjadi akar sebab musababnya, mirip seperti sulitnya menjawab pertanyaan guyon lebih dulu mana telur atau ayam ?

Namun, kesimpulan dari semua itu adalah bahwa, “ Jika kita bisa menemukan format karakteristik yang cocok untuk diri kita, mampu membeli saham dengan harga relatif murah, maka kita akan memperoleh tingkat return yang maksimal ”.  Rumus simpel ini gampang diucapkan tapi sangat sulit untuk dipraktekkan.

Barkatlangit.wordpress.com

Berbagi apaun yang pernah dilihat, didengar, dirasa dan dialami

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s