agusmarto

Pertumbuhan Ekonomi RI Rentan Pengaruh Global


Menteri keuangan, Agus Martowardojo – inilah.com

Oleh: Mohamad Jumasri
Ekonomi – Kamis, 9 Juni 2011 | 17:42 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini terus meningkat dan pada catatan terakhir pada April 2011 mencapai 6,4%.

Menurut Menteri keuangan, Agus Martowardojo pertumbuhan ekonomi Indonesia tergantung dari risiko eksternal, yakni gejolak yang terjadi di Eropa pada saat ini. “Seharusnya negara-negara Eropa harus dapat mandiri, jangan ketergantungan dengan negara-negara lain yang ada di Eropa seperti, Yunani, Irlandia, dan Norwegia,” ujarnya saat raker dengan Komisi XI, Kamis (9/6).

Agus menegaskan, jika Eropa masih tergantung dengan negara-negara lainnya, maka ini akan menghambat pertumbuhan di negara berkembang seperti Indonesia. “Negara-negara Eropa harus mandiri jangan lebih ketergantungan dengan negara-negara Eropa yang telah maju,” tegasnya.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi harus ditopang dengan masalah infrastruktur, yang masih sangat minim untuk meningkatkan iklim investasi di daerah-daerah. “Pemerintah hanya sanggup membiayai infrastruktur hanya 20% dari sekitar 40 miliar dolar,” paparnya.

Hal lain yang menghambat pertumbuhan ekonomi di Indonesia, yakni masalah harga pangan dunia atau International yang tidak terkontrol, dan mengakibatkan harga pangan nasional yang terdorong naik. [hid]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s